Jangan “Berfikir” Jadi Lulusan Kampus Pencari Kerja

Masa sekarang ini, uang memang merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan, tak munafik kalau uang bisa membeli segalanya bahkan nyawa pun kadang hanya di hargai jutaan rupiah. karena dari itu pastilah semua orang akan berfikir untuk mencapai kemapanan dalam hidup maka hasilkanlah uang. nah karena menghasilkan uang yang paling cepat setelah lulus dari universitas, hampir sebagian besar sarjana hanya berfikir “hasilkan uang = lamar pekerjaan” ya… itu sih ok ok saja… tp sebagai generasi muda yang otaknya masih fresh dan umur masih muda apa salahnya berfikir “Menciptakan pekerjaan itu sendiri” bukankah itu lebih menghasilkan sesuatu yang “lebih” dibandingkan dengan hanya berfikir cari kerja.. Ok, munkin itu terlalu naif juga. Untuk menciptakan itu bukanlah hal mudah dan bahkan membutuhkan modal rupiah juga…   Tapi menurut saya mencoba sesuatu yang lain akan membuka kesempatan untuk menghasilkan sesuatu yang besar walaupun dengan resiko yang berbanding sama.

Ini saya ada beberapa contoh hanya sebagai penyemagat saja dan bahan perbandingan, semoga positip thinking aja yang baca.

Kerabat saya sendiri (keluarga) dia kerja di perusahaan  dengan gaji 4jt sebulan di jakarta (saya lupa nama perusahaannya) hehehe. sejak lulus dari universitas dia sudah kerja.  tentunya untuk kalangan mahasiswa normal kebawah, 4 juta itu merupakan sesuatu hal yang sangat besar kan… tapi jika sudah berada di posisi itu maka 4 juta itu sudah merupakan sesuatu hal yang kurang, kenapa demikian?? ini beberapa kutipan pertanyaan dan jawaban dengan kolega saya.

saya: Gajinya besar ya 4jt sebulan

K : gk juga sih

saya: kenapa ?

K : yaa.. akhir bulan habis juga…

saya: omg !! habis ?? kumaha carana ?? bisa habis (gw tau dia hanya ke kantor – pulang – istirahat – kantor lagi) gak ada yang namanya hepi hepi dugem or sejenisnya apalagi ganti ganti hape

K: ya… transportasi aja bisa habis 1-1.5jt  bayar kontrakan 800rb/bulan, makan minimal 1.8, belum jalan jalan, belum beli keperluan rutin (biasanya alat alat mandi, baju, dsjenisnya)

saya: trus gimana kalo gitu ?

K:yaa dijalanin aja, daripada nganggur…

Kesimpulannya:

Karena pemikirannya dari dulu hanya kerja maka lawan kata yang bisa dia katakan hanya “daripada nganggur” disini lah diliat jika seseorang mempunyai sifat juang dia mungkin saja mengatakan “sambil mikir usaha sendiri dulu” atau “belum nemu ide buat ngehasilin duit di bidang lain” (kata kata tersebut sumbernya nyata, saya pernah bertanya pada pengusaha jual beli mobil yang dulunya kerja juga, dia telah sukses sekarang)

tapi, setelah dia bertemu seseorang dan mungkin jalan pikirannya terbuka dia meneria tawaran kerja hanya dengan gaji 1jt rupiah tapi bersama sama merintis usaha dari bawah, dan alhamdulilah hanya dalam waktu 2 tahun dia sekarang sudah menjadi direktur di perusahaan tersebut, tau deh gaji direktur berapa gk pernah ngobrol lagi soalnya… tp yang jelas pasti diatas 4jt.

Lainnya…

Ini cerita dari teman, dia cerita soal temannya

Cerita ini kejadiannya di depok 5-6 tahun lalu lah, teman kosan saya dulu, teman saya cerita dia diajak temanya untuk investasi sebesar 40jt untuk membuka usaha showroom mobil di depok (pada masa itu depok masih belum rame dan harga tanah masih murah)soalnya kata temannya itu dia butuh butuh modal sekita 700-800jt dan uangnya kurang makanya dia diajak. tapi dia terlalu takut ambil resiko, yaa emang sih saya juga kalo ditawarin gitu takut juga… hehehe tp kan ini sekedar cerita penyemangat aja. padahal waktu itu dia punya modal sekitar 200jt (dia bilang sendiri ke saya) dan sedang jalanin bisnis jual beli mobil bekas juga (ya…. setidaknya sebidang lah) ya… karena waktu itu takut ambil resiko dia cerita kalo dia nyesel karena temannya itu sekarang sudah punya showroom jual beli mobil bekas sendiri yang tentu kalo di itung harga tanah di depok sudah ampir 6jt/m artinya sudah hitungan milliar. Sebelum lost kontak dia pernah nunjukin sih tempatnya kalo gk salah depat pengrajin aluminium yang di pinggir jalan itu. tp sekarang udah lupa yang mana soalnya dah banyak bgt pedagang mobil didepok.

lainnya..

ini cerita juga saya gk ingat jelas cuman saya coba ceritakan aja

tau gk yang mau beli PERSIJA ?? saya lupa namanya

kalo saya gk salah ini orang juga termasuk orang yang berani ambil resiko dan mncoba sesuatu yang baru

kalo saya gk salah lagi, ceritanya orang ini bisa tajir bgt, katanya pada tahun 80an gitu dia ada duit 50jt trus main saham nah sekarang sahamnya sudah trinliunan…. yaaa singkatnya dia berani mencoba sesuatu yang beresiko lah untuk mencapai sesuatu yang lebih baik

lainnya….

MUNGKIN CERITA DIATAS “Wah duit modalnya butuh banyak bgt !! ”

tp jangan salah banyak kok orang yang menjadi kaya karena memutar otak tanpa menggunakan duit

misalnya awal awal MLM (multi level marketing) yang pertama nyebarin di indonesia kan tajir bgt !! lupa saya jenis mlm nya ma siapa namanya pokoknya pernah denger ceritanya TAPI YANG JELAS BUKAN si THIANSHIT ya… tuh tianshit bikin teman teman gw terkucilkan

yang nemuin sistem sms yang tipi tipi itu yang biasanya ngomong “mau tau ramalan mu hari ini? ketik reg kirim ke 6969” yang gitu, tau kan?? kalo saya gak salah lagi nih ya tuh ceritanya awalnya hanya melakukan sistem kerja sama dengan provider dan pihak pencetus itu hanya menyediakan sistem yang bisa mengatur sistem sms itu, langsung tajir kan dia. tp setelah banyak yang mengikuti langkahnya sistemnya sudah menggunakan modal besar karena pihak provider sudah meminta bayaran di muka.

Banyak sih cerita cerita gitu cuman udah kepanjangan saya nulisnya, cuman harap di ingat aja, saya nulis ini hanya untuk pembangkit semangat untuk maju dan mencapai kehidupan yang leih baik, mumpung masih muda cobalah menempu resiko dikit karena kalau gagal umur masih panjang untuk bangkit lagi.

Dengan menguti beberapa kata dari hasil training ESQ yang saya masukan dalam cerita ini. mohon kiranya semuanya di baca dengan pikiran positip, dan tidak usah dibaca kalo pikirannya negatip, soalnya dari awal ampe akhir pastinya ada aja kata yang salah…

Semoga tidak ada yang kesinggung dengan kata kata ini, jika ada yang salah mohon maaf.

andi marfadil

http://www.gila-tech.com

Terimakasih

Leave a Reply

