Tugas Bahasa Indonesia 1 tema “peran IT dalam penegakan hukum”

ANTARA IT, UANG, HUKUM dan INDONESIA

Pendahuluan

Dimasa sekarang ini, yang dimana persainagn global dan kemajuan “Teknologi Informasi” yang maju dengan sangat cepat dan pesat membuat kita penegak hukum di Indonesia harus bersaing dengan negara-negara berkembang  dealam pemenuhan teknologi informasi dalam bidang bantuan dan penegakan hukum.

Bahkan tidak bisa di pungkiri bahwa kemajuan teknologi juga sejalan dengan kemajuan tekhnik kejahatan yang menggunakan teknologi itu sendiri.

Isi

Indonesia, salah satu negara yang sedang berkembang dan sedang menuju proses perbaikan diri, khususnya pada bidang hukum, yang dimana sebagai rakyat Indonesia tahu betul dan sudah menjadi rahasia umum bahwa hukum dan keadilan bisa dibeli dengan uang. Karena hal tersebutlah pada masa sekarang-sekarang ini pemerintah beserta badan-badan organisa yang dibentuknya telah menggunakantekhnologi untuk membantu kerja mereka dalam penegakan hukum, hal ini dapat kita lihat pada salah satu contohnya badan organisasi independen yang didirikan oleh pemerintah bernama KPK (Komisi Pengawasn Korupsi).

KPK menggunakan teknologi informasi atau sistem IT bermodelkan sistem penyadapan saluran jarngan telepon/celluler yang biasanya metode penyadapannya menggunakan satu unit mobil minibus yang didalamnya terdapat perlengkapan IT lengkap yang dapat menagkap jaringan/saluran telpon dalam radius jarak tertentu, cara ini terbilang ampuh dengan dengan bukti hasil tertangkapnya beberapa pejabat-pejabat negara dengan kasus korupsi dan penyuapan, bahkan yang saat ini yang lagi populer kasus hukum kriminalisasi KPK yang dimana banyaknya bukti rekaman-rekaman pembicaraan yang diajukan ke pengadilan sebagai bukti.

Selain KPK dengan metode penyadapannya, teknologi IT untuk penegakan hukum pun telah lama digunakan oleh pihak kepolisian, misalkan pada bagian forensik, spycam, dan beberapa sistem penyidikan berbasi Internet dan komputerisasi, misalnya pada kejahatan internet “Online” biasanya kasus yang biasa terjadi beruba penipuan, pencurian, dan bahkan penyalah gunaan credit card dalam kasus ini pun tidak sedikit yang menjadi korban, meskipun demikian pelakunya juga sangat susah untuk ditemukan. Maka dalam hal ini pihak kepolisian menggunakan ahli IT yang biasanya dengan kemampuan dan bantuan software tertentu  bisa melacak keberadaan pelaku kejahatan internet tersebut hanya dengan melacak via internet atau online.

Kesimpulan

Tidak bisa dipungkiri lagi dengan majunya tekhnologi, maka pemenuhan IT dalam penegakan hukum merupakan sesuatu yang wajib karena bukan saja tidak mungkin suatu saat nanti pelaku kejahatan akan menemukan cara untuk memanipulasi sistem IT yang telah ada sekarang, sehingga sebagai penegak hukum pun harus selalu meng up to date sistemnya dengan sistem yang lebih baik dan lebih pintar. Ibaratnya anti virus tidak akan ada jika virusnya tidak ada, maka dari itu kejahatan pasti akan selangkah lebih maju dari penegak hukum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: